Minggu, 30 Desember 2018

MENGATASI EXPLORER.EXE YANG DISEMBUNYIKAN OLEH VIRUS

LANGKAH LANGKAHNYA SEBAGAI BERIKUT :
 
MATIKAN PROSES EXPLORER.EXE
Ya.. yang pertama kita lakukan adalah mematikan proses explorer.exe. Caranya buka task manager klik processes cari explorer lalu klik kanan klik end process. Karena virus ini hanya bekerja pada saat proses tersebut berjalan sehingga langkah pertama kita harus menghilangkan sesuatu yang menghambat. Setelah prosesnya di hentikan lihat lah pada performance meter pasti sudah normal alias ridak menunjukan angka 100% lagi.


KELUARKAN EXPLORER.EXE DARI FOLDER
Pada saat ini kompi sudah dalam keadaan normal tapi start bar dan icon pasti belum ada. Sekarang kita lakukan perbaikan pertama kita pindahkan C:\WINDOWS\explorer.exe ke drive lain. Caranya bisa bermacam macam misalnya lewat task manager, run, browser, lalu lakukan proses pengkopian misalnya di copy ke drive D:

ACTIVATION
Langkah selanjutnya kita buka lagi task manager. Lalu new task lalu ketik lah alamat baru explorer.exe tadi, seperti contoh tadi sidah di copy di drive d berarti alamatnya D:\explorer.exe lalu klik ok. Jreng komputer sudah aman terkendali.

PENGAMANAN
Yah memang sudah aman tapi nanti kalau di restart pasti lemot lagi. Jadi kita haru melakukan pengamanan. Buka regedit. Buka HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows
NT\CurrentVersion\Winlogon cari key "shell" tanpa petik yang bernilai default "explorer.exe" tanpa petik. ganti value atau nilai dari key shell tadi ke lokasi explorer.exe yang sudah diedit, misalnya isi dengan D:\explorer.exe dengan ketentuan file explorer.exe yang tadi diletakkan di direktori D:\ dengan nama explorer.exe.

Sumber Kutipan: 
https://ririnseptomoky.blogspot.com/2012/10/menghilangkan-virus-penyerang.html?showComment=1546226124955#c3083071922247673501

Tidak ada komentar:

Posting Komentar